Penelitian Teknik Kimia tentang Adsorpsi

Dunia pendidikan selalu menghasilkan pemikiran dan buah kreatifitas dalam pelaksanaanya. Artikel berikut ini memberikan contoh mengenai penelitian pada jurusan Teknik Kimia yang dulu pernah saya lakukan. Judulnya "Sintesis Zeolit Dari Abu Sekam Padi Dengan Microwave Sebagai Adsorben Limbah Logam Tembaga", berikut intisarinya:

                Meskipun studi tentang zeolit sintetis dari abu sekam padi telah dilakukan, tetapi pengembangan teknik preparasi zeolit dengan microwave masih sangat terbatas.  Penelitian ini menjadi semakin penting mengingat melimpahnya sekam padi yang belum dimanfaatkan secara optimal, padahal kandungan silikanya mencapai 80-90 %. Tujuan penelitian ini adalah untuk mempelajari karakteristik zeolit dari abu sekam padi yang disintesis dengan microwave. Zeolit kemudian diuji kemampuannya dalam menjerap logam tembaga, serta dipelajari kinetika adsorpsinya.
       Penelitian ini meliputi tiga tahap yaitu sintesis zeolit, karakterisasi dan aplikasinya dalam proses adsorpsi logam tembaga. Sebelum sintesis, sekam padi dibakar di dalam  furnace pada suhu 700oC selama 4 jam untuk memperoleh abu. Abu sekam kemudian digunakan sebagai bahan pembuatan larutan sodium silikat dan dicampur dengan larutan sodium alumina pada temperatur kamar. Kemudian campuran dimasukkan ke dalam microwave pada 120oC selama 15 menit. Setelah mengalami proses filtrasi dan penetralan pH, sampel dioven dan dikalsinasi.  Sample dikarakterisasi dengan X-Ray Diffraction (XRD)  dan Fourier Transform Infra Red (FTIR). Proses adsorpsi menggunakan limbah sintetis, CuSO4, pada berbagai variasi waktu dan suhu secara batch. Proses Perubahan konsentrasi ion logam tembaga dalam larutan diukur dengan Atomic Absorption Spectroscopy (AAS).
      Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan silika dalam abu sekam mencapai 85,3%. Dan dengan aplikasi microwave, amorfous zeolit berhasil disintesis. Zeolit mampu menjerap logam tembaga hingga 95% pada 50oC dan 90% pada 30oC dalam waktu 10 menit dimana kondisi yang mendekati setimbang dicapai dalam waktu 50 menit. Hal ini didukung oleh hasil studi kinetika adsorpsi yang memberikan kecenderungan proses penjerapan mengikuti model pseudo orde dua dengan harga k = 3,24 dan 1,62 g/L.menit berturut-turut pada suhu 30 dan 50oC.  

Kata kunci: zeolit, abu sekam padi, microwave, adsorpsi

              Kesimpulan dari penelitian ini adalah sekam padi telah ditreatmen sehingga diperoleh kadar silika sebesar 85,3%. Amorfous zeolit telah berhasil disintesis dengan aplikasi microwave. Zeolit mampu menjerap logam tembaga dalam larutan hingga 90% pada suhu kamar dan 94% pada 50oC dalam waktu sepuluh menit. Hal ini sesuai dengan studi kinetika adsorpsi yang memberikan model pseudo second order untuk proses ini dengan harga konstanta adsorpsi 3,24 dan 1.62 mg Cu/g zeolit menit  berturut-turut pada 30 dan 500C.

Itulah beberapa penjelasan singkat salah satu contoh penelitian pada jurusan teknik kimia, semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi kepada sobat-sobat yang membutuhkan.

Ditulis Oleh : DEALER DFSK KEDIRI // 07.03
Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar

Referral Banners